15 Maret 2008

Bukan UFO, Tapi Pesawat Tempur


Sepuluh pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik Angkatan Udara AS rupanya menjadi biang keladi munculnya cerita penampakan UFO di Texas awal bulan ini. Demikian diungkapkan Angkatan Udara AS dalam siaran persnya, Kamis (24/1).

Jet-jet tempur F-16 itu sedang dalam misi latihan terbang malam di atas Area Operasi Militer Brownwood, dekat Stephenville, Texas pada 8 Januari. Cahaya dari F-16 rupanya tampak seperti benda terbang yang melintas cepat tanpa suara.

Sebelumnya diberitakan, beberapa orang di area tersebut melihat cahaya bergerak cepat di langit malam. Saat cerita tentang UFO kemudian ramai terdengar, Angkatan Udara AS masih mengatakan bahwa tidak ada pesawatnya yang terbang malam itu, sehingga orang makin yakin yang mereka lihat adalah benda asing.

Namun pernyataan itu kemudian dibantah. AU AS di Markas Gabungan Fort Worth mengatakan pihaknya melakukan kesalahan dalam pernyataan awalnya dan mengatakan bahwa yang benar pada malam tersebut ada penerbangan malam.

"Dinas penerangan Angkatan Udara menyadari adanya kekeliruan mengenai aktivitas latihan pesawat militer," bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip CNN.

Juru bicara gugus tempur Angkatan udara, Karl Lewis, menyebut kesalahan pelaporan itu adalah akibat masalah komunikasi internal antara kantor dengan markas.

Disebut pula dalam pernyataan pers-nya, F-16 terbang di area tersebut antara pukul 06.00 hingga 08.00 sore, saat di mana banyak orang mengaku melihat UFO. Sehingga kemungkinan besar, yang dilihat adalah cahaya F-16 dari Skuadron Tempur 457 dari Fort Worth, Texas.

sumber: kompas.com

Tidak ada komentar: