15 Juli 2008

Imagine Cup 2008 - Tunas Bangsa Menangkan Kompetisi Software Internasiona


Jakarta, 10 Juli 2008 – Tim Antarmuka dari Institut Teknologi Bandung berhasil memenangkan penghargaan The Rural Innovation Achievement Award, salah satu kategori yang dilombakan pada kompetisi tingkat international Imagine Cup di Paris, Perancis tanggal 8 Juli 2008 lalu.
Penghargaan Imagine Cup – kategori The Rural Innovation Achievement Award yang disponsori oleh Microsoft Unlimited Potential Group – dipersembahkan bagi kelompok mahasiswa yang mampu merancang solusi piranti lunak untuk memberikan kontribusi bagi kesinambungan lingkungan hidup.

Penghargaan The Rural Innovation Achievement Award dimenangkan oleh Tim Antarmuka dengan solusi inovasi mereka yang bernama Butterfly. Inovasi ini dinilai atas aksesibilitasnya, dimana masyarakat dapat melaporkan atau berbagi informasi kerusakan lingkungan secara tepat waktu. Mengingat keadaan negera Indonesia yang sangat tersebar dan lokasi masyarakat di daerah rural biasanya jauh dan diluar jangkauan infrastruktur tertentu. Keadaan ini tentu saja akan memperlambat sistem pelaporan kepada badan lingkungan hidup setempat.

Butterfly sendiri adalah sebuah sistem pelaporan yang memungkinkan pengguna system untuk segera melaporkan problema kerusakan lingkungan melalui telepon, SMS, MMS atau alternatif aplikasi mobile atau web.

Dari hasil laporan tersebut sistem kemudian akan mengklasifikasi permasalahan atau problema sesuai kategori prioritas dan lokasi. Setelah proses tersebut, Butterfly lalu meneruskan laporan tersebut kepada badan atau pejabat setempat yang bertangung jawab.

Tim Antarmuka beranggotakan tiga mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB dan seorang mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB. Mereka adalah Arief Widhiyasa, Ella Madanella, Dimas Yusuf Danurwenda, dan Erga Ghaniya. Mereka didampingi Dwi Hendratmo Widyantoro, dosen STEI ITB.

sumber

Tidak ada komentar: