09 April 2008

Makam Mahal dan Mewah


Liputan6.com, Karawang: Kuburan atau tempat pemakaman umum seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang bernuansa angker, seram dan berhubungan dengan makhluk-makhluk gaib. Namun kesan seperti itu bisa langsung sirna bila kita memasuki TPU San Diego Hills Memorial Park and Funeral Homes di Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Soalnya, kuburan seluas 25 hektare itu difasilitasi restoran itali, kafe, dan gedung serba guna bernuansa Mediterianian serta Timur Tengah. Lantaran itu, selain menjadi pemakaman umum, tempat tersebut juga dijadikan kawasan wisata berkelas.

Pemakaman yang dikelola PT Lippo Karawaci Tbk ini dijual dengan sistem pemasaran seperti layaknya pemasaran pemukiman mewah. Sebab, konsep pemakaman bernuansa wisata ini diharapkan bisa membuat peziarah nyaman dan khusyuk saat berdoa di pusara orang-orang yang dikasihi. Ini juga membuka pikiran pengunjung atau peziarah untuk mempersiapkan pemakaman sebelum meninggal dunia.

Menurut Associate Director San Diego Suziany Japardy, memili kavling di TPU San Diego ini bukan hanya untuk persiapan tanah pusara tetapi sekaligus bisa berinvestasi. Sebab tanah pemakaman tersebut bisa dijual lagi dengan harga yang akan lebih mahal dari harga pembelian. Rencananya, pengelola San Diego Hills ini akan terus dikembangkan sampai sepuluh tahun ke depan dan akan memperluas lahan kuburan hingga 500 hektare.

sumber

Tidak ada komentar: